Fantasticlhokseumawe.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh melalui Disporapar Kota Lhokseumawe mengadakan acara Pembinaan Desa Wisata dan Pokdarwis 2021 kepada para pelaku usaha pariwisata, kelompok sadar wisata dan Desa Wisata di Kota Lhokseumawe.

Acara yang dilaksanakan dari tanggal 1 – 6 maret 2021 ini juga turut mengundang Camat 4 Kecamatan Kota Lhokseumawe atau yang mewakili serta Kepala desa dan perangkat desa.

Hadirnya kegiatan pariwisata di desa juga telah memberi dampak positif terhadap pembangunan ekonomi desa. Efek positif dengan hadirnya desa wisata dapat memberikan kesempatan warga lokal untuk terlibat aktif membangun desa dan karirnya melalui pariwisata.

Sadar Wisata dan Sapta Pesona sebagai unsur penting dalam mendukung pengembangan destinasi pariwisata tentu tidak dapat terwujud secara otomatis tanpa adanya langkah dan upaya-upaya untuk merintis, menumbuhkan, mengembangkan dan melaksanakan secara konsisten di destinasi pariwisata.

Maka dai itu, perlu ditumbuhkan peran serta masyarakat secara aktif dalam mengembangkan Desa Wisata dan Sapta Pesona bersama- sama dengan pemangku kepentingan terkait lainnya. Dalam hal ini Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) atau kelompok penggerak pariwisata sebagai bentuk kelembagaan informal yang dibentuk anggota masyarakat (khususnya yang memiliki kepedulian dalam mengembangkan kepariwisataan di daerahnya), merupakan salah satu unsur pemangku kepentingan dalam masyarakat yang memilki keterkaitan dan peran penting dalam mengembangkan dan mewujudkan Sadar Wisata dan Sapta Pesona di daerahnya.

Oleh karena itu, dengan diadakan acara Pembinaan Desa Wisata dan Pokdarwis diharapkan bisa meningkatkan dan mengembangkan kemampuan dan pengetahuan Kelompok Sadar Wisata sehingga memiliki rasa saling memiliki dan ingin sama sama membangun desa menjadi destinasi wisata yang akan terus dicari oleh wisatawan.